Saturday, January 23, 2016

Metode Pembelajaran Keterampilan Berbicara/Kalam

Assalamualaikum semuanya........

Kali ini kita akan membahas tentang metode pembelajaran kalam/berbibacara dalam bahasa arab. Ada dua metode pembelajaran kalam/berbicara dalam bahasa arab yang paling sering digunakan yaitu:

1. Al-Muhadatsah (المحادثة)
    Yaitu kegiatan saling berbicara/mengobrol antara dua orang atau lebih tentang suatu tema atau hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan diungkapkan dengan bahasa arab yang baik dan benar. Metode ini sangat membantu para pemelajar dalam penguasaan bahasa secara cepat karena pemelajar selalu mengulang-ulang kosa kata yang baru saja didapat/didengar dalam kehidupan sehari-hari.

2. Al-Khothobah (الخطابة)
    Yaitu kegiatan berbicara yang mana salah seorang di antara para pemelajar diminta untuk mengungkapkan suatu hal yang berkaitan dengan tema tertentu di depan teman-temannya. Metode pembelajaran ini sangat membantu para pemelajar dalam hal keberanian untuk berbicara dengan bahasa arab di depan banyak orang.

Jika kita igin lebih cakap lagi dalam kalam/berbibacara dengan bahasa arab maka sebaiknya kita mengobrol langsung dengan orang yang memang berbicara dengan bahasa tersebut (dalam kasus ini orang arab tentunya). 

Semoga bermanfaat..................




Daftar Pustaka

Bahalwan, Achmad Ivan. Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Modern. 2014. Malang

2 comments:

  1. kunjungi blog ku yang baru juga y ^_^ http://masjidnuruttaqwamalang.blogspot.co.id/2016/01/muqoddimah.html

    ReplyDelete