Saturday, January 23, 2016

Tahapan Pembelajaran Bahasa Arab



Terkadang apabila kita ingin belajar suatu bahasa asing maka kita sering kali memikirkan betapa sulitnya mempelajari bahasa tersebut, begitu juga apabila kita ingin mempelajari Bahasa Arab, dan terkadang kita juga merasa kebingungan tentang tahapan-tahapan seperti apa yang cocok untuk mempelajari bahasa arab agar kita mampu menguasainya dengan cepat dan benar.

Sebenarnya tahapan dalam belajar bahasa arab tidak jauh berbeda dengan tahapan belajar bahasa-bahasa lainnya seperti bahasa indonesia misalnya. Dan berikut ini penulis akan memaparkan tahapan-tahapan belajar bahasa arab yang paling baik dan benar menurut ustadz Qoribullah Babikr Mushthofa yaitu:

1. Menyimak/Istima'
   Menyimak/mendengarkan merupakan keterampilan dasar yang paling utama dalam pembelajaran bahasa, baik itu bahasa daerah maupun bahasa asing seperti bahasa arab. seorang anak kecil bahkan belajar berbahasa dimulai dari mendengarkan perkataan orang tua/orang-orang di sekitarnya. Baca juga tingkatan keterampilan menyimak/istima'.   

2. Berbicara/Kalam
    Berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang kedua dalam pembelajaran bahasa arab. Dalam kehidupan sehari-hari, setelah setelah mengalami kegiatan menyimak maka manusia akan mengungkapkan apa yang didengarnya dengan berbicara. Baca juga metode pembelajaran keterampilan berbicara/kalam.

3. Membaca/Qiroah
    Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang ketiga dalam pembelajaran bahasa arab. Membaca merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, begitu juga dalam pembelajaran bahasa arab. Keterampilan membaca merupakan bentuk aplikasi dari kegiatan menyimak dan berbicara. Keterampilan membaca membutuhkan latihan terus menerus agar dapat menguasainya dengan baik dan benar. Keterampilan membaca yang baik tidak akan terlepas dari penguasaan kosa kata yang baik dan benar.

4. Menulis/Kitabah 
    Menulis merupakan keterampilan berbahasa terakhir dalam pembelajaran bahsa arab. Banyak yang mengatakan bahwa setiap orang pada dasarnya dapat menulis sesuatu, hanya saja kualitas tulisan setiap orang berbeda-beda satu sama lain. Keterampilan menulis membutuhkan latihan yang dilakukan terus-menerus seperti keterampilan berbahasa arab yang lainnya. Keterampilan menulis yang baik dan benar adalah hasil dari tiga keterampilan berbahasa sebelumnya yaitu: menyimak, berbicara, dan membaca. Seseorang tidak akan dapat menulis suatu kata apabila tidak pernah mendengar kata tersebut, tidak pernah mengucapkannya, dan tidak pernah membaca kata terebut.

Tahapan-tahapan di atas merupakan hal paling dasar yang harus dilakukan oleh seseorang apabila ia menginginkan hasil belajar suatu bahasa asing yang memuaskan. Akan tetapi hasil yang memuaskan juga tidak akan tercapai tanpa adanya doa, usaha dan kerja keras. Oleh karena itu jangan lupa doa, usaha, dan kerja keras ya...... :) 

Semoga bermanfaat 

شكرا على القراءة




Daftar Pustaka

Bahalwan, Achmad Ivan. Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Modern. 2014. Malang
Gambar from Google

3 comments: