Saturday, January 23, 2016

Tingkatan Keterampilan Menyimak/Istima'

Pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas tahap-tahap pembelajaran bahasa arab yaitu:
menyimak/istima', berbicara/kalam, membaca/qiroah, dan menulis/kitabah. 

Sekarang kita akan membahas tentang tingkatan-tingkatan dalam keterampilan menyimak/istima' yang tentunya harus diketahui oleh para pemelajar bahasa arab. Dan tingkatan keterampilan menyimak/istima' dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu:

1. As-Sama' (السماع)
    Yaitu kegiatan menyimak/mendengar yang tidak disengaja. Pelaku dari kegiatan ini pada umumnya memiliki tingkat pengetahuan atau hasil dari kegiatan menyimak yang kurang maksimal, pelaku dari kegiatan ini hampir tidak dapat mengungkapkan kembali apa yang didengarnya karena ia tidak mempunyai maksud untuk menyimak/mendengarkan apa yang mereka dengarkan.

2. Al-Istima' (الاستماع)
    Yaitu kegiatan menyimak/mendengar yang disengaja. Pelaku dari kegiatan menyimak/mendengarkan ini pada umumnya memiliki tingkat pengetahuan atau hasil dari kegiatan menyimak yang lebih baik dari pada para pelaku as-sama', pelaku dari kegiatan ini dapat mengungkapkan kembali apa yang didengar meskipun pada umumnya masih terdapat beberapa kesalahan dari apa yang didengarnya.

3. Al-Inshof (الإنصاف)
    Yaitu kegiatan menyimak/mendengar terakhir yang biasa disebut dengan a'la darojatin minal istima' , hal ini dikarenakan kegiatan menyimak yang satu ini merupakan kegiatan menyimak yang paling baik kualitasnya, yang mana pelaku dari kegiatan menyimak ini dapat memahami dan mengungkapkan kembali kata-kata maupun isi dari apa yang didengarnya dengan baik dan benar.

Demikianlah tadi tingkatan-tingkatan keterampilan menyimak, mungkin kita bisa membayangkan sejenak, kita termasuk yang mana ya??? :) 

Semoga Bermanfaat.............






Daftar Pustaka

Bahalwan, Achmad Ivan. Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Modern.2014.Malang

No comments:

Post a Comment